Informasi Saham

LRT Jabodebek Kembali Mengukir Prestasi

Jakarta (11/11) Seremoni Penyambungan Bentang Panjang Terakhir dan Penyerahan 3 Rekor Muri U-Shaped Girder LRT Jabodebek telah dilaksanakan. Kegiatan dihadiri secara daring oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Museum Rekor Indonesia Jaya Suprana dan Komisaris Utama ADHI Dody Usodo Hargo. ⁣

Hadir pula secara luring, Direktur Jendral Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo, Direktur PT Industri Kereta Api (Persero) I Gede Agus Prayatna, Komisaris Independen ADHI Hironimus Hilapok dan Direktur Utama ADHI Entus Asnawi Mukhson.⁣

Proyek Bentang Panjang Lintas Pelayanan 2 Cawang-Dukuh Atas merupakan bagian dari Proyek LRT Jabodebek. Terletak di atas jalan arteri dan basement dari Gedung Landmark, Setiabudi, Kuningan. ADHI berhasil menyelesaikan pembangunan bentang panjang Dukuh Atas sepanjang 220 meter. Selain itu, U-Shaped Girder terakhir pada seluruh jalur LRT Jabodebek Fase I juga telah terpasang dengan total mencapai 43 km mencakup 2902 unit girder.⁣

Dengan pemasangan ini, ADHI berhasil mendapatkan 3 Rekor MURI, yakni⁣:
1. Produksi U-Shaped Girder Pertama untuk Sistem Jalur Kereta⁣
2. Pembangunan Jalur Kereta dengan Struktur U-Shaped Girder Terpanjang⁣
3. Seri Pengiriman Terberat U-Shaped Girder untuk Sistem Jalur Kereta Tanpa Kecelakaan⁣

Akses Balikpapan-Ibu Kota Baru Akhirnya Tersambung

Balikpapan (31/09), pembangunan Jembatan Pulau Balang akhirnya telah resmi tersambung pada siang hari ini. ADHI sebagai salah satu kontraktor dari proyek ini melakukan final closure atau penyambungan akhir dari pembangunan Jembatan Pulau Balang bersama dengan pemilik proyek, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Kegiatan ini dihadiri oleh kedua perusahaan kontraktor beserta pemilik proyek Direktorat Jendral Bina Marga Kementerian PUPR. Peresmian dipimpin oleh Direktur Pembangunan Jembatan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Yudha Handita Pandjiriawan.

 

Proyek Pembangunan Jembatan Pulau Balang merupakan salah satu proyek strategis nasional dalam perencanaan yang dibuat Kementerian PUPR untuk Jalur Trans Kalimantan. Jembatan ini melintas sepanjang total 964 meter di atas Teluk Balikpapan.

 

Sebagai informasi, Jembatan Pulau Balang merupakan jembatan berjenis cable stayed. Pembangunan deck pada jembatan menggunakan metode form traveller. Pada perjanjian kerja pembangunan proyek ini, waktu pelaksanaan disepakati sejak tahun 2015 hingga tahun 2021.

Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol dan Penjaminan Proyek Tol SoloYogyakarta-NYIA Kulon Progo

Rabu (9/9), ADHI sebagai bagian dari PT Jogjasolo Marga Makmur (PT JMM) turut serta dalam penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol, Perjanjian Penjaminan Proyek, dan Perjanjian Regres untuk Pekerjaan Proyek Pembangunan Tol Ruas SoloYogyakarta-NYIA Kulon Progo.

PT JMM adalah badan usaha pengatur jalan tol yang dibentuk berdasarkan hasil konsorsium dari empat perusahaan yaitu ADHI, PT Daya Mulia Turangga, PT GAMA Group, dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Nantinya, PT JMM bertugas membangun dan mengelola proyek pembangunan Tol Ruas Solo Yogyakarta-NYIA Kulon Progo yang pembangunan ruas tol ini juga termasuk dalam Proyek Strategis Nasional.

Peresmian Jalan Tol Trans-Sumatera Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 4

(25/8) Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Trans-Sumatera ruas Sigli-Banda Aceh seksi 4 rute Indrapuri-Blang Bintang di Gerbang Tol Blang Bintang, Banda Aceh. Dalam sambutannya, Bapak Jokowi juga mengapresiasi proses cepat dari pembangunan Jalan Tol ini.

Sebagai upaya pemerintah dalam pemerataan pembangunan, tol sepanjang 13,5 km ini merupakan bagian dari proyek strategis nasional guna mendukung mobilisasi, logistik, dan distribusi di wilayah Sumatera.

ADHI Bersama Ikatan Keluarga Alumni Brawijaya Menggelar Kegiatan Donor Darah

Minggu, (23/8) pukul 8.00 s/d 13.00 WIB bertempat di pelataran parkir GBK Senayan, ADHI berkolaborasi dengan Ikatan Keluarga Alumni Brawijaya untuk mendukung pelaksanaan kegiatan Donor Darah. Acara ini juga dihadiri oleh Bapak Moch. Jusuf Kalla selaku Ketua Umum Palang Merah Indonesia. Pada kegiatan Donor Darah ini diikuti sekitar 600 pendonor.

Acara ini dilakukan untuk mendukung pasokan darah yang semakin menipis dikarenakan kekhawatiran publik adanya virus Covid-19 yang menurunkan minat pendonor untuk melakukan donor darah. Pada kegiatan pelaksanaan donor darah ini juga menerapkan protokol pencegahan Covid-19.

Peresmian Gedung Otoritas Jasa Keuangan - OJK Kota Yogyakarta

Yogyakarta (24/08), Pembangunan Gedung Otoritas Jasa Keuangan - OJK Kota Yogyakarta telah selesai dikerjakan.

Hari ini, peresmian telah dilakukan oleh Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso.

Peresmian juga didampingi oleh Direktur SDM ADHI Agus Karianto dan General Manajer Dep. Gedung Yan Arianto.

Gedung tersebut terletak di jantung kota Yogyakarta, di Jalan Jendral Sudirman dekat Tugu Yogyakarta. Gedung ini terdiri dari 7 lantai dan 2 basement dengan luas 1.100 m2. Nantinya, ini akan dijadikan pusat kegiatan perkantoran OJK di daerah Yogyakarta.

Instalasi U-Shaped Girder Terakhir LRT Jabodebek Fase 1

Senin (24/8), U-Shaped Girder terakhir pada jalur LRT Jabodebek telah terpasang. Dengan begitu, ADHI dengan bangga mempersembahkan Jalur Kereta dengan Struktur U-Shaped Girder Pertama dan Terpanjang di Indonesia dengan total panjang mencapai 43 km. Kegiatan ini dilaksanakan tepat di bawah U-Shaped Girder dari jalur kereta LRT Jabodebek di Stasiun Dukuh Atas, Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan.

ADHI Raih Second Runner Up pada Millennial Innovation Summit

Demi menggali⁣⁣ potensi sumber daya manusia yang produktif,⁣⁣ Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).⁣ menggelar Program Millenial Innovation Summit (MIS).
⁣⁣
Program Millenial Innovation Summit (MIS) bertujuan⁣⁣ mencari karya inovasi terbaik dari karyawan milenial⁣⁣ BUMN. Melalui program ini para milenial akan⁣⁣ didorong untuk berkontribusi dan melakukan⁣⁣ perubahan demi BUMN dan Indonesia Maju.⁣⁣
⁣⁣
Dalam kegiatan ini, Milenial ADHI yaitu Yudhistira Chandra, Juana Rofik, Ahmad Luqman dan Tri Luhur telah membawa ADHI menjadi Second Runner Up di kategori technology breakthrough.⁣⁣
⁣⁣
Teruslah melahirkan karya inovasi dan ide-ide segar yang terus mengalir akan memajukan Indonesia dan perusahaan BUMN di sama depan.⁣⁣

Peresmian Gedung Kantor Otoritas Jasa Keuangan wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta

(19/06) ADHI telah melakukan Peresmian Gedung Kantor Otoritas Jasa Keuangan wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta. Peresmian dilakukan di gedung tersebut yang terletak di Yogyakarta. Peresmian dilakukan dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan dan tak lupa menggunakan kain batik dan lurik, untuk menjunjung tinggi budaya Jawa.

Ruang lingkup kerja ADHI dalam pembangunan gedung ini meliputi pengadaan jasa konstruksi struktur dan mekanikal, elektrikal, dan plumbing (MEP).

Di kala pandemi ini tak membuat ADHI luput akan tanggung jawab. ADHI terus berusaha memberikan terbaik, untuk menyelesaikan AMANAH yang diberikan. Bekerja giat dengan KOMPETENSI unggul untuk mengedepankan pemberlakuan protokol kesehatan dan aturan K3 yang ada, sehingga tercipta HARMONISASI antara pekerjaan dengan kesehatan dan keselamatan kerja.

Keberadaan Kantor OJK ini diperlukan untuk meningkatkan layanan bagi industri jasa keuangan, masyarakat, serta mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Inilah yang membuat ADHI tetap menjunjung LOYALITAS pekerjaan proyek, tak lupa tetap ADAPTIF dengan keadaan yang ada, mendukung KOLABORASI dengan tiap instansi yang ada.

ADHI Turut Berpartisipasi dalam Pelatihan BIM Jarak Jauh Kementerian PUPR

Sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di era industri 4.0, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui DIrektorat Jenderal Bina Konstruksi, menggelar Pelatihan Penerapan Building Information Modeling (BIM) secara daring atau online. Hal ini dilakukan sebagaimana arahan Bapak Menteri PUPR melalui Surat Edaran Menteri PUPR No.06/SE/M/2020 tentang Penanganan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta arahan pimpinan lainnya melalui Surat Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR No.UM.0501-Sj/285 tentang Pelaksanaan PSBB Pegawai Kementerian PUPR dan Surat Edaran Direktur Jenderal Bina Konstruksi No.169/SE/DK/2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Pegawai dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Ditjen Bina Konstruksi.

 

Kegiatan peningkatan kapasitas SDM konstruksi terkait teknologi BIM dalam 3 kelompok kegiatan, yakni Pelatihan Online BIM, Webinar Provider BIM, dan Webinar Sharing Session Pemanfaatan BIM di lapangan dari Kontraktor BUMN. Tujuan diselenggarakannya yaitu memperkenalkan teknologi BIM kepada masyarakat agar masyarakat mampu mengikuti perkembangan teknologi BIM, mengoperasionalisasikan BIM dan mendapatkan keuntungan maksimal dari teknologi BIM ini.

 

ADHI selaku perusahaan konstruksi yang telah berpengalaman dalam penggunaan BIM turut berpartisipasi dalam Sharing Session: Penerapan BIM di Proyek LRT Longspan Dukuh Atas. Longspan Dukuh Atas merupakan bagian dari pembangunan lintas Light Rail Transit atau Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek lintas Cawang-Dukuh Atas.

Peresmian Virtual RS Akademik UGM

Selaku kontraktor dari pembangunan Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada (RSA UGM), pada pagi ini, Senin (8/6), ADHI telah melakukan peresmian jarak jauh secara virtual.

 

Peresmian virtual turut dihadiri oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Wakil Menteri PUPR Jhon Wempi Wetipo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Paku Alam X, Rektor UGM Panut Mulyono, Direktur Utama ADHI Entus Asnawi Mukhson dan Direktur Utama PT Virama Karya Jusarwanto secara terpisah.

 

Ruang lingkup pekerjaan yang ADHI kerjakan meliputi perkuatan struktur, arsitektur bagian dalam dan fasilitas bangunan, hingga facade. Dalam instalasinya, ADHI menggunakan sandwich panel dan konsol baja agar mempercepat proses pekerjaan. Terlebih, ADHI menggunakan bahan-bahan yang 100% produk lokal.

 

Dalam pengerjaannya, ADHI membangun dua gedung, yaitu Gedung Arjuna dan Gedung Yudistira yang masing-masing terdiri dari 5 lantai. Selama 37 hari, ADHI bekerja selama 24 jam penuh dengan 3 pembagian waktu kerja. Waktu yang sangat terbatas menjadi tantangan tersendiri. Namun, meski pekerjaan yang dituntut cepat, ADHI tetap mementingkan kesehatan dan keselamatan para pekerja. ADHI juga menyiapkan fasilitas kebersihan dalam proyek dan kesehatan, hingga mess dengan jarak yang sesuai protokol kesehatan.

Penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan ADHI 2020

Kamis (4/6), ADHI telah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2019 yang bertempat di Kantor Pusat ADHI.

 

RUPS Tahunan ini merupakan tanggung jawab ADHI sebagai Perseroan Terbuka, untuk menyampaikan hal-hal terkait kinerja dan keberlangsungan perusahaan kepada para pemegang saham. Seperti diketahui, ADHI merupakan Perusahaan Terbuka dengan 51% saham dimiliki oleh Pemerintah dan 49% sisanya dimiliki oleh publik.

 

Pada RUPS Tahunan Tahun Buku 2019 ini, Manajemen memaparkan 9 Agenda kepada paa pemegang saham. Agenda-agenda yang dibahas antara lain:

 

Agenda 1 merupakan Persetujuan Laporan Tahunan, Keuangan, Tugas Pengawasan Dewan Komisaris dan Pengesahan Laporan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

 

Agenda 2 merupakan Penetapan Penggunaan Laba Bersih.

 

Agenda 3 menetapkan Gaji/Honorarium dan Tunjangan lainnya bagi Dewan Komisaris dan Direksi.

 

Agenda 4 menunjuk Kantor Akuntan Publik untuk pelaksanaan audit, Pelaksanaan PKBL 2020.

 

Agenda 5 mengukuhkan Pemberlakuan Peraturan Menteri BUMN PER08/MBU/12/2019 tanggal 12 Desember 2019 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa Badan Usaha Milik Negara.

 

Agenda 6 menyetujui Obligasi Tahap III 2020.

 

Agenda 7 adalah Penjaminan Kekayaan Perusahaan.

 

Agenda 8 adalah Laporan Realisasi Obligasi Berkelanjutan II Tahap I Tahun 2017 dan Tahap II Tahun 2019 untuk Periode hingga 31 Desember 2019.

 

Agenda 9 adalah Persetujuan Perubahan Susunan Pengurus Perseroan, dengan susunan menjadi

Komisaris Utama:
Dody Usodo Hargo

 

Komisaris:
Cahyo R. Muzhar
Yustinus Prastowo
Widiarto

 

Komisaris Independen:
Abdul Muni
Hironimus Hilapok

 

Direktur Utama:
Entus Asnawi Mukhson

 

Direktur Operasi 1:
Suko Widigdo

 

Direktur Operasi 2:
Pundjung Setya Brata

 

Direktur Keuangan:
A.A.G. Agung Dharmawan

 

Direktur SDM:
Agus Karianto

 

Direktur QHSE dan Pengembangan:
Partha Sarathi

Kunjungan Menteri Basuki Tinjau Pembangunan RS Akademik UGM

Rabu (29/4), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan dua gedung yang akan digunakan sebagai Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada (RSA UGM). Kedua gedung tersebut ialah Gedung Yudhistira dan Gedung Arjuna dimana nantinya akan digunakan sebagai tempat perawatan pasien terjangkit Covid-19 di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

 

Waktu dan pelaksanaan pembangunan RSA UGM sangat terbatas, mengingat kedua gedung tersebut akan segera dimanfaatkan sebagai RS Rujukan COVID-19. Kendati demikian, sebagai pelaksana pekerjaan renovasi RSA UGM, ADHI memastikan kualitas konstruksi tetap menjadi yang utama.

ADHI Renovasi RS Akademik UGM Menjadi RS Darurat Covid-19

Pekan ini, ADHI ditunjuk oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk melaksanakan pekerjaan renovasi Rumah Sakit Akademik UGM. Renovasi bertujuan untuk mengubah Gedung Yudhistira dan Gedung Arjuna menjadi RS Darurat COVID-19 untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

ADHI perlu mempercepatan penyelesaian lanjutan pembangunan kedua gedung tersebut sebagai tindak lanjut dalam meningkatkan antisipasi dan kesiapan penanganan masyarakat yang terdampak COVID-19. Selain itu, pembangunan ini juga sebagai langkah lanjutan dari perlindungan bagi masyarakat terhadap potensi ancaman COVID-19 yang semakin besar.

Fungsi Gedung Yudhistira dan Gedung Arjuna yang sedang dibangun ini sebagai Rumah Sakit Rujukan COVID-19 yang nantinya akan memenuhi standar tata kelola (protokol) khusus penanganan dampak virus tersebut.

Waktu dan pelaksanaan pembangunan sangat terbatas, hanya 30 hari kerja. Hal ini dikarenakan kedua gedung tersebut akan segera dimanfaatkan, sehingga perlu dilakukan penyesuaian bahan material yang digunakan terhadap ketersediaan di pasaran.

Jenis pengadaan paket pekerjaan ini merupakan Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Rancang Bangun (Design and Build) dengan status Pengadaan Khusus Penanganan Keadaan Darurat yaitu berupa bencana non-alam, berupa wabah penyakit.

Metode Undeslung di Longspan Cawang, LRT Jabodebek

Dalam pembangunan Longspan Cawang di lintasan LRT Jabodebek, terdapat kendala yang membuat ADHI harus menyiasati pekerjaan konstruksi. Di antaranya lokasi proyek yang yang terletak di antara Underpass Cawang dan SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi) berukuran 150kV.

Pembangunan Longspan Cawang berukuran lebar 12.112m dan bentang 45m-75m-45m, dibangun dengan metode Balanced Cantilever dengan bantuan Underslung. Metode ini merupakan inovasi yang pertama kali ADHI coba terapkan dalam proyek.

Metode Balanced Cantilever dengan bantuan Underslung merupakan metode yang memiliki cara kerja yang mirip Launching Gantry. Bedanya, Underslung menggerakan girder dari bagian bawahnya, bukan dari atas seperti yang dilakukan Gantry.
Metode Underslung dipilih karena proses erection Box Girder yang digunakan pada struktur ini tidak mungkin dilakukan dengan crane yang berkapasitas besar. Sebab, penggunaan crane berkapasitas besar bisa merusak struktur underpass yang berada di bawah Longspan Cawang.

ADHI Peduli Berbagi Disinfektan di Jakarta Selatan

Saat ini kita berada dalam keadaan dituntut untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan. Tak terkecuali ADHI selaku BUMN yang sejauh ini telah menerapakan berbagai upaya terus menjaga kebersihan lingkungan kerja dan kesehatan para Insan ADHI.

 

Tidak hanya di lingkungan kerja ADHI saja, sebagai PIC SATGAS BUMN Wilayah Jakarta Selatan, ADHI juga turut hadir untuk membantu lingkungan di sekitar ADHI. ADHI mengkoordinir pembagian tugas kepada BUMN-BUMN lainnya yang tergabung dalam Satgas Wilayah Jakarta Selatan untuk menjadi Co-PIC beberapa wilayah kecamatan di Jakarta Selatan dalam menghadapi penyebaran virus Covid-19 ini. ADHI sendiri memberikan alat dan cairan disinfektan sebanyak 26 unit untuk beberapa wilayah Keluarahan yang tergabung dalam Kecamatan Pasar Minggu.

 

Ini merupakan bentuk kepedulian ADHI dalam membantu lingkungan sekitar dan menekan penyebaran virus Covid-19 di Jakarta, khusunya Jakarta Selatan.

ADHI Menjadi Bagian dari Tim Persiapan Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet

Jakarta | Rabu (18/02), PT. Adhi Karya (Persero) Tbk. telah mengerahkan sejumlah tim untuk bertugas sebagai bagian dari tim persiapan Wisma Atlet yang diubah menjadi Rumah Sakit Khusus Penanganan Corona.

 

Sebanyak 200 orang diturunkan setiap shift-nya, guna mempercepat pembersihan dan persiapan gedung ini menjadi sebuah Rumah Sakit. Para pekerja didatangkan dari berbagai proyek aktif ADHI yang berada di area Jabodetabek. Selama 5 hari ini, ADHI bekerja full selama 24 jam dengan pergantian 3 shift setiap harinya.

 

RS Darurat Wisma Atlet diperuntukkan untuk merawat para pasien baik ODP maupun PDP, dan mampu menampung hingga 3.000 pasien. Keempat tower Wisma Atlet yang digunakan sebagai rumah sakit darurat telah siap digunakan.

 

Rumah Sakit Darurat Penanganan Virus COVID-19 merupakan upaya Pemerintah lewat BUMN, khususnya untuk mempercepat penanganan para pasien terjangkit virus tersebut.

Pengumuman Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

ADHI Siapkan Studi SPAM Karian Barat

Jakarta| PT Adhi Karya (Persero) Tbk. memperkirakan konstruksi proyek sistem penyedian air minum (SPAM) Karian Barat di Lebak, Banten, bisa dimulai pada akhir 2020.

Proyek yang mengandalkan sumber air dari Bendungan Karian ini menjadi salah satu prioritas investasi perseroan di sektor air minum.

 

Direktur Quality Health Safety Environment & Pengembangan ADHI, Partha Sarathi, mengatakan pihaknya tengah menyusun studi sebagai modal untuk pengajuan prakarsa pada proyek SPAM Karian Barat. Proyek ini akan mengalirkan air bersih untuk pembeli potensial di Banten bagian barat seperti Cilegon dan Serang.

 

Partha menjelaskan investasi di proyek SPAM tidak menjual air secara langsung ke pelanggan individu. Para pembeli atau offtaker dari proyek ini adalah kalangan perusahaan daerah air minum (PDAM). "Jadi, airnya kami kirim ke PDAM. Invetasi kami bisa mencakup water treatment, reservoir. Tergantung kesepakatan," ujarnya kepada Bisnis.

 

Dia menuturkan proyek SPAM Karian Barat direncanakan dibangun dengan kapasitas 1.500 liter per detik (lpd). Investasi pembangunan SPAM diestimasi mencapai Rp1,5 triliun. Pendanaan proyek akan berasal dari modal perusahaan sebesar 30% dan sisanya pinjaman perbankan.

Bendungan Karian yang masih dalam tahap konstruksi bakal menjadi sumber air baku andalan. Bendungan dengan kapasitas tampung normal 253,9 juta meter kubik ini bisa memasok air baku sebanyak 9,3 meter kubik. Jumlah sebanyak itu setara 9.300 lpd.

Selain Karian Barat, ADHI juga tengah mengajukan prakarsa proyek SPAM Karian Timur dengan kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan Karian Barat.

Partha menyebutkan kapasitas SPAM Karian Timur mencapai paling sedikit 4.000 lpd hingga 4.500 lpd. Adhi Karya menggandeng dua perusahaan Korea Selatan, yaitu LG dan K-Water untuk menggarap proyek tersebut.

 

Secara umum, hingga saat ini ADHI sedikitnya memiliki dua portofolio investasi di sektor air minum. Keduanya yakni penyertaan di PT Perusahaan Air Indonesia Amerika sebesar 25% dan investasi di PT Dumai Tirta Persada sebesar 51%.

Dumai Tirta merupakan perusahaan patungan ADHI dengan PT Adaro Tirta Mandiri yang beroperasi di Riau.

Kongsi ini menjalin kerja sama pengusahaan SPAM dengan PDAM Tirta Dumai Bersemi selama 25 tahun. Perusahaan bersandi saham ADHI ini dijadwalkan memulai konstruksi tahap pertama bulan ini dengan kapasitas 50 lpd.

 

Partha menyebut, secara bertahap kapasitas produksi air bersih ditingkatkan hingga 450 lpd. Proyek ini akan memasok air bersih untuk 20.300 sambungan langganan atau setara 101.500 jiwa di empat kecamatan di Kota Dumai.

ADHI Jajal LRT Jalur Cibubur-Ciracas

Jakarta | PT Adhi Karya (Persero) Tbk. segera melakukan uji coba (running test) Lintas Raya Terpadu (LRT) pada trase Cibubur-Ciracas pada September mendatang. Percobaan rencananya dilakukan pada rel sepanjang dua kilometer. Direktur Sumber Daya Manusia ADHI Agus Karianto mengatakan uji coba dilakukan seiring datangnya kereta dari PT Industri Kereta Api (INKA) (Persero). ADHI juga menargetkan hingga akhir tahun, pengujian akan dilakukan hingga Stasiun Cawang. 

 

“Akhir bulan ini kereta dari INKA sudah datang, ” ujarnya saat ditemui saat keterbukaan publik di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (21/8). 

Uji coba ini sebenarnya ditargetkan ADHI terlaksana sejak Juli lalu. Sebelum rangkaian tersebut dikirim, PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) akan melakukan tes terhadap rangkaian kereta di Madiun. Setelah proses rampung, maka ADHI bisa langsung menerima kereta untuk dijajal di lintasan sebenarnya.

 

Hingga 2 Agustus 2019, progres pembangunan LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) sudah mencapai 64,4%. Rinciannya, lintas Cawang-Kuningan-Dukuh Atas mencapai 53%, Cawang-Bekasi Timur 58,1%, serta Cawang-Cibubur sudah mencapai 84%. Namun Agus menjelaskan bahwa masih ada kendala pembebasan lahan untuk depo kereta seluas 11 hektare di Bekasi. Namun pihaknya menargetkan persoalan ini bisa dirampungkan pada akhir September mendatang

"Kendala utama pembebasan lahan di depo Bekasi, sekarang sudah 70% (selesai),” kata dia. 

ADHI menyatakan bahwa proyek kereta ringan di wilayah ibu kota dan sekitarnya akan terus dikembangkan. Saat ini perseroan juga tengah melakukan studi untuk proyek kereta layang lain bekerja sama dengan PT. Jaya Konstruksi. Agus juga mengatakan ADHI sudah mendapat persetujuan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk membangun proyek ini. "Kira-kira panjang lintasan 20 kilometer dan membutuhkan biaya Rp 15 triliun,” kata Agus.

>

Garap Proyek Dermaga dan RS Harapan Kita, Kontrak Baru ADHI Capai Rp6,8 Triliun

PT Adhi Karya Tbk. (ADHI) membukukan nilai kontrak baru senilai Rp6,8 triliun, terhitung sampai dengan Agustus 2019 lalu. Proyek dermaga dan rumah sakit menjadi sumber atas realisasi kontrak baru tersebut.

 

Corporate Secretary ADHI, Ki Syahgolang Permata, menyebutkan bahwa pada Agustus lalu, ADHI menerima kontrak proyek pembangunan dermaga di Surabaya senilai Rp310,9 miliar dan kontrak RS Harapan Kita di Jakarta senilai Rp265,1 miliar. 

"Kontribusi per lini bisnis pada perolehan kontrak baru pada Agustus 2019 meliputi lini bisnis kontruksi dan energi sebesar 81,3%, properti sebesar 18,4%, dan sisanya merupakan lini bisnis lainnya," jelas Syahgolang secara tertulis, Jakarta, Selasa (17/09/2019).

Ia melanjutkan, berdasarkan tipe pekerjaan, kontrak proyek gedung menjadi yang paling mendominasi, yakni mencapai 72,5%. Setelahnya, ada tipe pekerjaan proyek jalan dan jembatan dengan kontribusi sebesar 3,4%. Terakhir, untuk proyek infrastruktur lainnya, mulai dari bendungan, bandara, jalur kereta api, hingga proyek EPC menyumbang porsi sebesar 24,1%. 

"Berdasarkan segmentasi sumber dana, realisasi kontrak baru dari pemerintah sebesar 19,3%, BUMN sebesar 73,6%, sementara swasta sebesar 7,1%," sambungnya. 

Sinergi BUMN ADHI, PLN, dan PTPN 1 Gelar Safari Ramadhan di Aceh

Banda Aceh, Menjemput ramadhan penuh berkah, PT Adhi Karya (Persero) Tbk. , PT PLN, dan PTPN 1 gelar safari 1440 Hijriah di Aceh dengan menyantuni 1.000 anak yatim. (16/05/19)

 

Kegiatan santunan anak yatim dilaksanakan bersamaan dengan buka puasa bersama di kantor PLN Unit Induk Wilayah Aceh di Banda Aceh. Dalam kegiatan ini juge terdapat berbagai kegiatan sosial dan keagamaan. Diantaranya membantu sarana ibadah dan pesantren, pembagian Al-Quran, bantuan pemasangan listrik, pembangunan MCK, dan penyediaan sarana air bersih. Ini merupakan upaya dan bukti nyata yang dilakukan, sebagai implementasi dari “BUMN Hadir Untuk Negeri.”

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Aceh, Jefri Rosiadi mengatakan, pemberian santunan ini merupakan rangkaian Safari Ramadhan dalam rangka Hut Kementerian BUMN ke-21.

“Kegiatan ini menunjukkan kepedulian dan bukti nyata kehadiran BUN serta dalam rangka meningkatkan kualitas dan taraf hidup masyarakat,” ujar Jefri Rosiadi.

 

Selain bantuan sarana ibadah dan pesantren, pembagian Al-Quran, bantuan pemasangan listrik, pembangunan MCK, dan penyediaan sarana air bersih, ada pula bantuan rumah karyawan dan masyarakat sekitar. Sedangkan bagi pelajar juga terdapat bantuan berupa penyaluran bea siswa untuk siswa SD, SMP, dan SMA, serta program siswa mengenal nusantara.

“Prioritas utama pemberian bantuan sesuai pemetaan yang dilakukan. Kami berharap bantuan ini mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat kurang mampu di Provinsi Aceh,” ungkap Jefri

Pengangkatan Rangkaian LRT Jabodebek di Stasiun Harjamukti, Cibubur

Proses pengangkatan rangkaian kereta (trainset) pertama Light Rail Transit (LRT) atau kereta layang ringan Jabodebek pertama di pemberhentian Stasiun Cibubur, Jakarta Timur, rampung dilaksanakan pada Minggu (13/10). Prosesi itu dihadiri oleh Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro, Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro, dan Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Budi Harto. "Ini merupakan prestasi tersendiri dari putra-putri Indonesia, lebih 60 persen local content-nya merupakan buatan Indonesia. Teknologi LRT juga lebih canggih dari teknologi LRT yang ada di Palembang dan Mass Rapid Transit (MRT)," ujar Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta

 
 
 
 
 
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

ADHI Bangun Jembatan Lengkung Beton Bentang Panjang 148 Meter Terpanjang di Dunia

Proses pengangkatan rangkaian kereta (trainset) pertama Light Rail Transit (LRT) atau kereta layang ringan Jabodebek pertama di pemberhentian Stasiun Cibubur, Jakarta Timur, rampung dilaksanakan pada Minggu (13/10). Prosesi itu dihadiri oleh Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro, Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro, dan Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Budi Harto. "Ini merupakan prestasi tersendiri dari putra-putri Indonesia, lebih 60 persen local content-nya merupakan buatan Indonesia. Teknologi LRT juga lebih canggih dari teknologi LRT yang ada di Palembang dan Mass Rapid Transit (MRT)," ujar Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta

 
 
 
 
 
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sukses Bangun Bentang Panjang Kuningan, ADHI Raih Dua Rekor!

Simulasi Tanggap Darurat di Kantor Pusat ADHI

Pengangkatan Perdana Rangkaian Kereta LRT Jabodebek

Pengiriman Kereta LRT Jabodebek Dari Pabrik INKA Madiun

Wajah Baru Stadion Manahan Solo

Mengintip Kantor Pusat ADHI

Wajah Baru Stadion Utama Gelora Bung Karno

JUARA 2 PROJECT DRONE : TPA Banjarbakula

Progress Prasarana Kereta Api Ringan/ Light Rail Transit Jabodebek per Februari 2018

Dokumentasi pelaksanaan pekerjaan proyek percepatan pembangunan Kereta Api Ringan / Light Rail Transit (LRT) pada lintas layanan 1, 2 dan 3 per Februari 2018.

Management Walkthrough MUSI IV PROJECT

Konstruksi Jembatan Musi IV Palembang oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk., Management Walkthrough ini dihadiri oleh Direktur Utama ADHI, Budi Harto.

Kemajuan Proyek LRT Jabodebek | Juni 2019

Hingga akhir Juni 2019, tercatat progress pelaksanaan pembangunan prasarana Kereta Api Ringan atau Light Rail Transit (LRT Jabodebek) Fase I mencapai 63,801%. Capaian ini diantaranya 83,570% untuk lintas pelayanan Cawang-Cibubur, 52,631% untuk lintas pelayanan Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, dan 57,808% untuk lintas pelayanan Cawang-Bekasi Timur.

List Arsip

Beragam Informasi Terupdate