Informasi Saham

LRT Jabodebek Angkutan Cepat dan Terpadu

 

Kereta Api Ringan/ Light Rail Transit adalah sebuah inovasi dari dunia transportasi publik. Dengan mengusung tema "integrated transportation", LRT Jabodebek menggunakan U-Shape Girder untuk pertama kalinya di Indonesia.

 

 

 

  • Nama:

  • Light Rail Transit

  •  

  • Lokasi:

  • Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi

  •  
  • Timeframe:

  • 2015-2021

  •  

  • Lingkup Kerja:

  • Perencanaan Desain, Pembuatan Struktur Bangunan hingga Pembangunan Stasiun dan Fasilitasnya.

 

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 98 Tahun 2015 beserta perubahannya tentang pembangunan prasarana Kereta Api Ringan/ Light Rail Transit terintegrasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi, Pemerintah menunjuk ADHI sebagai kontraktor karena dinilai paling siap. Dalam Perpres disebutkan, bahwa ADHI membangun prasarana Kereta Api Ringan sebanyak 6 Lintas Pelayanan mulai dari Cawang, Cibubur, Dukuh Atas dan Bekasi Timur hingga Senayan, Bogor dan Grogol.

Seiring dengan pembaruan Perpres Nomor 65 Tahun 2016 sebagai perubahan terhadap Perpres Nomor 98 Tahun 2015, ADHI ditugaskan untuk mengerjakan tidak hanya membangun prasarana tetapi juga mencakup depo, konstruksi jalur layang, stasiun dan fasilitas operasi. Pelaksanakan pembangunan ini dilakukan dengan pola Design and Built serta menggunakan standar gauge (ukuran rel standar 1.435 mm). Selain itu, Perpres ini juga langsung menugaskan PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai penyelenggara sarana, meliputi pengadaan sarana, pengoperasian sarana, perawatan sarana dan pengusahaan sarana, penyelenggaraan sistem tiket otomatis dan menyelenggarakan pengoperasian dan perawatan prasarana.

 

 

 

Teknologi LRT Jabodebek

ADHI menerapkan teknologi terbaru dalam pembangunan LRT Jabodebek. U-Shape Girder merupakan pondasi struktur bangunan LRT Jabodebek dengan cetakan beton berbentuk huruf “U”. Untuk pertama kalinya U- Shape Girder digunakan di Indonesia dan lahir di Pabrik Beton Pracetak milik ADHI. Teknologi ini diadopsi dari Prancis.

U-Shape Girder memiliki beberapa keuntungan. Salah satunya adalah kecepatan dalam proses pembangunan. Hal tersebut tentu sangat efisien dalam segi waktu dan biaya, sehingga dalam proses pembangunan tidak perlu memakan waktu terlalu lama. Bentuknya yang tipis dan ramping dapat mengurangi biaya serta dapat meningkatkan unsur estetika, tanpa sedikit pun mengurangi fungsi strukturnya.

Bandara Kertajati Bandara Internasional Jawa Barat

Mendukung konektivitas udara Indonesia, ADHI ditugaskan membangun proyek konstruksi pembangunan Bandara Internasional Kertajati. Proyek ini termasuk dalam proyek strategis nasional. Pekerjaan yang dilakukan adalah Pembangunan Fasilitas Sisi Udara Bandar Udara Kertajati Tahap II.

BIJB dibangun dan dirancang untuk terintegrasi dengan berbagai infrastruktur transportasi, seperti Pelabuhan Patimban, Jalan Tol Cipali dan jalur kereta api. Saat ini, untuk menuju BIJB Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan DAMRI yang menyediakan angkutan umum dari kota Bandung dan beberapa daerah lain menuju BIJB.

  • Nama:

    • Paket Kontruksi Sisi Darat Tahap 1A Bandarudara Internasional Jawa Barat, Kertajati Majalengka Paket 1

    •  

    • Lokasi:

    • Majalengka, Jawa Barat

    •  

    • Timeframe:

    • 2015 - 2017

    •  

    • Lingkup Kerja:

    • Pekerjaan Galian, Pemindatan Tanah Mekanis, Pekerjaan Ramp Simpang Susun (Jalan Layang) 600m', AC-BC Main Road, AC-WC Main Road, AC-WC Ramp Susun, AC-BC Parkir dan AC-WC Parkir.

 

ADHI ditugaskan untuk mengerjakan paket I pada proyek Bandara BIJB dengan lingkup pekerjaan meliputi pekerjaan infrastruktur berupa ramp simpang susun, jalan, drainase dan lansekap. Selain itu ADHI juga ditunjuk untuk melakukan pekerjaan perpanjangan jalur terbang/ runway dari 2.500 meter menjadi 3.000 meter.

 

Sejak 1 Juli 2019 Bandara Internasional Jawa Barat (BJIB) atau yang lebih dikenal dengan nama Bandara Kertajati di Majalengka, resmi menangani 56 penerbangan domestik yang selama ini berada di Bandara Husein Sastranegara, Bandung.⁣

 

Bandara Kertajati dilengkapi dengan terminal penumpang seluas 96.280 meter persegi dan dapat menampung 5 juta penumpang per tahun. Artinya, bandara ini akan menjadi pusat penerbangan terbesar di Jawa Barat.⁣

Dalam pelaksanaan pembangunan Bandara menjadi salah satu proyek pembangunan nihil kecelakaan kerja atau no accident dan berjalan sesuai target tanpa mengesampingkan standar keamanan.

LRT Jabodebek Angkutan Cepat dan Terpadu

Bandara Kertajati Bandara Internasional Jawa Barat

Stadiun Manahan Arena Olahraga

Bisnis ADHI

ADHI melakukan program ekspansi strategis yang mengarah pada pengembangan usahanya dari sebuah bisnis konstruksi menjadi lima lini bisnis yang mencakup: