Sustainability Development Goals

  • Prioritas bagi ADHI untuk menjadi Korporasi Inovatif dan Berbudaya Unggul.
  • ADHI harus mampu memberikan manfaat terbaik bagi pemangku

    kepentingan.

  • Insan ADHI yang berbudaya keberlanjutan berdasarkan budaya AKHLAK dan didukung dengan Kode Etik Perusahaan.

Laporan Tahunan

Laporan Keberlanjutan

Laporan Keberlanjutan ADHI mencakup strategi, kinerja, implementasi, serta dampak kegiatan Perseroan terhadap aspek Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola, yang berpengaruh ke para pemangku kepentingan Perseroan, baik internal maupun eksternal ADHI senantiasa berupaya meningkatkan kualitas pelaporan yang disampaikan dari tahun ketahun, sesuai komitmen terhadap prinsip keterbukaan dan transparansi dalam memenuhi kepentingan seluruh pemangku kepentingan, baik internal maupun eksternal.

Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan

Sebagai salah satu bentuk tanggung jawab ADHI atas kegiatan usahanya, maka ADHI turut melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan. Selain itu, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen ADHI untuk mengembangkan komunitas sekitar dalam upaya meningkatkan kesejahteraan Indonesia.

FOKUS UTAMA ADHI

Pendanaan Usaha Mikro & Kecil

Dalam perannya sebagai BUMN untuk turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, koperasi, dan masyarakat, maka salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang dilakukan oleh ADHI adalah program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK). Program ini mencakup pendanaan untuk Usaha Mikro dan Kecil serta program Pembinaan dan Pengembangan Kapasitas untuk Usaha Mikro dan Kecil yang menjadi Mitra Binaan ADHI.

Untuk tahun 2022 dan tahun 2023, penyaluran Program PUMK dilakukan dengan mekanisme kerja sama dengan Pengelola Kerja Sama Program PUMK, yang daerah dan sektor penyalurannya ditentukan kemudian. Untuk itu, ADHI melakukan penyaluran dana Program PUMK sebesar Rp 1.500.000.000 pada tahun 2023.

Program PUMK

sampai dengan 2024

Mitra

Binaan

Total Mitra Aktif s.d. Juli 2024:

Pelaku

UMKM

Total Mitra Aktif s.d. Juli 2024:

Pelaku UMKM Program Capacity Building

Total Mitra Aktif s.d. Juli 2024:

Kepala Keluarga

yang Mendapat Bantuan Sembako

Total Mitra Aktif s.d. Juli 2024:

Penyaluran PUMK Per Sektor

sampai dengan 2024

Jumlah Mitra Binaan

174

Nilai (Rupiah)

Rp 3.132.720.238

Jumlah Mitra Binaan

230

Nilai (Rupiah)

Rp 2.832.335.793

Jumlah Mitra Binaan

37

Nilai (Rupiah)

Rp 565.372.963

Jumlah Mitra Binaan

33

Nilai (Rupiah)

Rp 736.479.334

Jumlah Mitra Binaan

77

Nilai (Rupiah)

Rp 1.538.755.540

Jumlah Mitra Binaan

1

Nilai (Rupiah)

Rp 22.435.332

Jumlah Mitra Binaan

31

Nilai (Rupiah)

Rp 495.114.040

Jumlah Mitra Binaan

10

Nilai (Rupiah)

Rp 425.250.010

Penyaluran PUMK Per Provinsi

sampai dengan 2024

Penerapan Sustainablity Development Goals

Pilar Pembangunan Sosial

Pilar ini berisi program-program TJSL ADHI yang bersifat untuk penanggulangan dampak lingkungan baik yang diakibatkan secara langsung dari operasi ADHI, dampak-dampak tidak langsung, maupun peningkatan pengelolaan lingkungan secara umum.

Rp 1.323.909.000

60%

Pelaksanaan Program:

  • Pelaksanaan Pasar Murah
  • Program Mudik Bersama
  • Bantuan Sarana dan Prasarana Pendidikan.

Pilar Pembangunan Lingkungan

Pilar ini berisi program-program TJSL ADHI yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para stakeholder melalui pengembangan ekonomi.

Rp 351.892.500

16%

Pelaksanaan Program:

  • Pengembangan Kapasitas UMKM
  • Pelaksanaan Bazaar UMKM
  • Program Pendanaan UMKM

Pilar Pembangunan Ekonomi

Pilar ini berisi program-program TJSL ADHI yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para stakeholder melalui pengembangan ekonomi.

Rp 530.000.000

24%

Pelaksanaan Program:

  • Program Penanaman Pohon
  • Pelestarian Keanekaragaman Hayati
  • Ruang Terbuka Hijau
  • Bantuan Tata Kelola Berkelanjutan

Diversity Program

Demografi Karyawan Berdasarkan Jenis Kelamin s.d 2023

2.151 orang

83%

444 orang

17%

Total Keseluruhan

Diversity Program

Demografi Karyawan Berdasarkan Rentang Usia s.d 2023

Healthy and Safety Program

Kinerja K3 ADHI

Dalam upaya untuk mewujudkan keberlanjutan melalui penciptaan lingkungan kerja yang kondusif, aman, dan mendukung pencapaian visi dan misi ADHI, maka ADHI berkomitmen untuk memberikan produk dan layanan maksimal kepada pelanggan dan stakeholder lainnya. Hal ini bertujuan untuk mencapai sasaran zero fatality accident dan mencegah terjadinya pencemaran lingkungan. Melalui berbagai upaya tersebut, pencapaian kinerja K3 selama tahun 2023 adalah sebagai berikut:

Deskripsi Target Realisasi
2021 2022 2023
Kecelakaan yang Nyaris Terjadi 53 13 7
Insiden 26 10 4
Tingkat Insiden 0,27 0,15 0,003
Tingkat Keparahan Mas 0,50 1,40 0,15 0

Healthy and Safety Program

Prosedur Tanggap Darurat

ADHI menetapkan, menerapkan, dan memelihara prosedur yang diperlukan untuk kesiapan dan respon dalam menghadapi kondisi darurat potensial, meliputi:

ADHI memelihara dan menyimpan informasi terdokumentasi yang diperlukan sebagai bukti bahwa proses telah dilakukan seperti yang direncanakan dalam menanggapi situasi darurat.